Ilmu Dunia dan Akhirat Blog's. Mencari, Memahami dan Menyimpulkan. Ilmu Dunia dan Akhirat.

5 Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar

5 Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar

Ilmu Dunia dan Akhirat – kata kunci 5 Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar  , atau pun jenuh , merasa bosan dan tak ada keinginan untuk Belajar merupakan suatu hal yang sudah lazim alias umum yang terjadi kepada seorang pelajar. Apalagi saat mendekati UAN dan mendekati banyaknya ujian ujian yang akan terus berdatangan.

Kebosanan, rasa malas dan kejenuhan saat Belajar merupakan hal yang sangat memalukan. Aku menyatakan hal itu memalukan karena rasa itu muncul untuk menandakan bahwa kita tak memiliki motivasi, serta keinginan yang kuat untuk Belajar. Keinginan yang kuat untuk merubah masa depan kita. Cobalah tengok, bagaimana keadaan orang-orang yang tak Belajar di masa mudanya. Mereka tak akan sukses. Tentu saja Belajar tak hanya dari buku, tapi juga berasal dari pengalaman.

Sebenarnya, untuk bisa mengatasi rasa jenuh, bosan dan kemalasan saat Belajar bisa di atasi dengan mudah, cepat dan efisien. Caranya? Hanya dengan kita mengetahui penyebab dari rasa jenuh, bosan dan malas saat Belajar tersebut. Kalau kita mengetahui penyebabnya, akan dengan mudah kita bisa mengatasi rasa tersebut.

Lantas, bagaimana jika kita tak mengetahui penyebab menjadi jenuh, bosan dan malas saat Belajar? Terpaksa kita akan memakai cara saya, yaitu 5 Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar  yang akan saya berikan pada teman teman. Jika di Tanya sumbernya dari mana, dengan mudah akan saya jawab “Pengalaman, Nasehat” orang lain dalam kehidupanku ini.

Untuk mempersingkat waktu mari kita 5 Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar  baca dengan cermat pokok bahasan 5 Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar  berikut ini :


1 Memiliki Jadwal Belajar dan Bermain yang Imbas

Saya meletakkannya dalam posisi pertama, karena jadwal Belajar itu penting. Buatlah siklus kehidupan. Siklus di mana keseharianmu ini tak berubah untuk beberapa waktu. Bukan selamanya, buatlah jadwal Belajar yang sesuai dengan keseharianmu. Lalu buatlah waktu untuk bermain. Tepati jadwalmu dan buatlah harimu menyenangkan dengan disiplin terhadap jadwal yang telah kamu buat.


2 Tentukan target dan Motivasi

Buat apa kamu Belajar? Apakah ada manfaat kamu untuk Belajar? Seberapa pentingkah Belajar dalam kehidupanmu? Jika kamu bisa menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut maka saya pastikan kamu sudah memiliki motivasi dan target yang akan di capai sebagai alasanmu agar bisa Belajar lebih giat dan lebih rajin. Toh, andai kata kamu belum bisa menjawab pertanyaan saya tadi, maka kamu ahrus menentukannya. Menentukan untuk apa selama ini kamu Belajar. Untuk apa selama ini kamu mengerjakan tugas serta PR. Saya contohkan seperti ini, saya mengerjakan PR Fisika. Kenapa? Karena saya ingin menjadi Teknik informatika. Menjadi seorang programmer. Maka harus memiliki nilai fisika yang tinggi juga bukan? Seperti itu yang saya maksud.


3 Belajar itu Bicara tentang Kualitas. Bukan kuantitas

Tak penting berapa banyak kamu Belajar. Berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk Belajar dengan rajin. Tetapi bagaimana kualitas dan konsentrasi kamu saat Belajar. Saya kutip dari kaskus, bahwa seseorang itu Belajar dan sangat konsentrasi hanya pada 15 Menit. Selanjutnya sudah berkurang. Lantas cara menyiasatinya adalah dengan kita memberikan kita jeda dari Belajar kita. Beri 5 menit setelah Belajar untuk istirahat sejenak. Buka berarti bermain atau bermalas malasan. Tapi gunakan untuk berjalan,  bernafas, hirup udara segar.


4 Pahami apa yang kamu pelajari

Bukan mengenai rumus yang berjibun itu. Tapi kenapa bisa memakai rumus itu. Hukum apa yang berlaku dalam rumus tersebut. Rasa bosan, malas akan muncul kalau kita tak memahami benar benar apa yang kita pelajari. Kita jangan hanya mengerjakan matematika hanya karena rumusnya seperti itu. Bukan berdasarkan contoh soal sebelumnya, lalu hanya karena permasalahannya sama dan hanya angkanya saja yang di ganti, tapi mengenai rumus apa yang kira kira berlaku. Pakai logika dalam Belajar. Ingat itu ya..

 5 Jangan percaya omongan orang lain

Banyak pastinya teman teman kita yang akan membuat kita menjadi down. Dalam artian memberikan kita semangat buruk, membuat mental kita menjadi jatuh karena mereka mengatakan hal hal yang negative dan tidak tidak. Kalau kita terus memikirkan kata kata teman teman kita, hal ini akan membuat kita menjadi jenuh dan malas untuk Belajar. Malah dalam kasus yang lebih parah, kita akan menjadi anti-Belajar. Alasannya tentu saja karena kata kata negative orang lain itu masuk akal tetapi menjerumuskan kita ke jurang kebodohan.


Belajar memang tak hanya dari buku. Bisa dengan video, suara, presentasi dan lain sebagainya. Jika 5 Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar  tadi masih kurang manjur, cobalah dengan mengganti media Belajar. Seperti menggunakan power point, meminta orang lain untuk menjelaskannya atau dengan cara melhat video. Tentu saja setelah kamu mengetahui metode atau cara Belajar apa yang kamu miliki. Seperti audio, visual dan kinetic.

Sekiranya, itu dahulu yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf. Jika dalam penulisan 5 Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar ada kata yang salah dan tidak bisa di pahami, harap maklum. Terima kasih


Sumber : Pemikiran Sendiri + Pengalaman + Nasehat orang lain

Tips Belajar Yang Lain :



Tag : REMAJA
1 Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Kejenuhan Saat Belajar"

NIce info..
Kunbal gan http://animexdroid.blogspot.com/

Komentarlah Dengan Baik dan Benar. Jangan ada SPAM dan beri kritik saran kepada blog ILMU DUNIA DAN AKHIRAT.

Mengingat Semakin Banyak Komentar SPAM maka setiap komentar akan di seleksi. :)

"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berbicara yang baik-baik atau diam." (HR. Bukhari)

>TERIMA KASIH<

ILMU DUNIA DAN AKHIRAT. Powered by Blogger.
Back To Top